Posted by : Catur Pamungkaz Rabu, 20 Juni 2012

Saya sedih ketika Mahasiswa minim akan kesadaran, maka dari itu dengan sedikit ilmu pengetikan dan inspirasi pas –pasan, mencoba menuangkannya ke dalam sebuah tulisan yang sebenarnya jauh dari kesempurnaan. 

Lihat saja pas agenda kosma bergulir, hanya beberapa saja yang mau merumuskan dan memberikan kontribusi pemikiran yang kritis - solutif bagi kepentingan bersama.
Sebenarnya acara tersebut bukanlah acara untuk para anak-anak lembaga saja, itu mencangkup keseluruhan Student Government dan Mahasiswa cair (biasa) sebagai kaum mayoritas Universitas.

Memang diakui, ada beberapa klasifikasi / pengelompokan type mahasiswa yang lumrah, setiap kehidupan kampus pasti ada!. Ada yang beranggapan kuliah itu ya Sinau Akademik yang pinter, disanjung dosen, dapet nilai bagus, berangkat kuliah tepat waktu, tapi tiap harinya ngamar terus.

Ada juga yang acuh tak acuh. Dan menganggap itu semua berada sudah di zona kenyamanan, shingga timbulah sikap status quo atau keajegan karena ya menurut mereka itu sudah berjalan dengan semestinya . Berbarengan dengan berkembangnya zaman, teknologi dan kehidupan di dunia menawarkan sebuah langkah praktis untuk membantu melakukan tugas sehari –hari manusia. Inilah yang sebenarnya baik, tetapi belum sepenuhnya bagus.

Ada juga yang lain, lebih mementingkan bagaimana antara kuliah dan organisasi itu lebih penting organisasi.


Ya.. seperti kita ketahui, memang betul ketika kita menjadi mahasiswa yang berlabel "agen of change" adalah alat perubahan bagi bangsa dan Negara
Untuk itu, dapat dikatakan penjelasan dan klasifikasi suatu kewajiban itu antara lain :
  1. Kewajiban dengan orang tua ,yaitu belajar dengan sungguh – sungguh dengan mengikuti perkuliahan sehingga mendapatkan nilai yang baik. Memang hal ini adalah hak setiap insan mahasiswa untuk memilih jalur alur hidupnya.
  2. Kewajiban dengan organisasi. Merupakan kewajiban yang sudah diamanahkan ketika ia menjadi pengurus ataupun simpatisan yang ingin memberikan perubahan dan manfaat bagi dirinya serta masyarakat yang lebih luas.
Dalam artian bahwa ia yang sudah ingin beraktualisasi melalui organisasi dia yang merasa butuh untuk pengembangan diri yang nantinya juga akan terjun ke masyarakat secara real.
Berbicara ada manfaatnya atau tidak, jelas sekali jawabannya ada!

Dengan kita berkecimpung dalam organisasi baik intra ataupun ekstra kampus yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri,tentulah kita juga harus tahu apa sih yang sebenarnya melatar belakangi organisasi tersebut terbentuk?

Setidaknya dengan mengetahui tujuan dari organisasi tersebut, kita akan memperoleh gambaran jika sudah masuk ke dalam ikatan sistematik yang memberikan kita kesempatan untuk berusaha di setiap langkah, rasa kepemilikan yang erat antara satu dengan anggota yang lainnya.

Membahas tentang organisasi atau kelompok, dalam ilmu sosiologipun sudah ada yang namanya penyikapan terhadap kondisi kelompok in-group – out group.

Pada posisi Group A misalnya, dapat dikatakan kita masuk ke dalam kelompok tersebut, dan itu disebut Kelompok in-group. Ketika kelompok si A ( in group ) menjumpai adanya rivalitas / persaingan dari kelompok Out-group (Group B), sikap yang diberikan adalah labelisasi dan stigmatisasi. Kedewasaan memang dapat berkembang ketika disuguhkan dengan adanya penggambaran yang demikian. 

Tak jarang juga dengan adanya keadaan yang seperti ini sering terjadi kesalah pahaman. Padahal, sejatinya semua organisasi itu bagus selagi berlomba – lomba dalam kebaikan. Hanya saja jika terlalu tekstual dalam menanggapi sesuatu, spekulatif, kurangnya bimbingan dan pendalaman, maka yang terjadi adalah sikap fanatis yang justru itu adalah penyakit bagi dirinya serta organisasinya. Yang sebagaimana dimaksud adalah satu sama lain adalah berkembang secara berdampingan dan harmonis.

Pengontrolan Konflik atau manajemen konflik harus peka terhadap sesuatu yang berlawanan, padahal tidak semua konflik itu merusak ( destruktif ), konflik juga dapat bersifat konstruktif ketika terjadi kesadaran dan toleransi yang membangun kebersamaan walaupun berbeda.

INFO TERKINI

EVEN TAHUNAN "GEOGRAFI MEMBUMI 2014" DILAKSANAKAN PADA MINGGU 18 MEI 2014. DIHARAPKAN UNTUK PENDAFTARAN ON THE SPOT DATANG KE GEDUNG AK. ANSHORI PUKUL 07.00 WIB MAKSIMAL 30 MENIT SEBELUM ACARA DIMULAI !!

Popular Post

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © HMPS Pendidikan Geografi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -