Posted by : Geografi Ump Selasa, 19 Februari 2013


HMPS Geografi - Purwokerto,  Sabtu, 16 Februari 2013 telah dilaksanakan acara Geografi Membumi yang terdiri dari Seminar Nasional Pendidikan dan Olimpiade Geografi. Acara tersebut dilakukan secara bersamaan. Tema yang diambil dalam seminar nasional adalah “Peranan Geografi dalam Pengembangan Karakter Bangsa” dengan key note speaker Dr. Sulistyo, M.Pd selaku Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Prof.,Dr.Nursyid Sumaatmaja guru besar dari Universitas Pendidikan Indonesia. Olimpiade Geografi yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia, terdiri dari kompetisi yang diikuti oleh SMA dan SMP se-Jawa Tengah.

 Geografi Membumi 2013 dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik yang mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, bapak Dr. Furqanul Aziez, M.Pd. Acara seminar nasional terlaksana berkat kerjasama HMPS Pendidikan Geografi, Program Studi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan Bank Indonesia Cabang Purwokerto. Hadir pula Koordinator Wilayah Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia Regional III, Anugrah Ramadlan yang juga mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta dan rekan-rekan dari Universitas IKIP Veteran Semarang. Hadir pula tamu undangan dari MGMP dan DINDIKBUD Banyumas serta berbagai elemen-elemen penting yang turut berkontribusi dalam hal pendidikan termasuk guru pembimbing peserta olimpiade.
Proses berjalannya seminar diikuti dengan antusias peserta yang dari pembukaan memadati auditorium ukhuwah islamiyah universitas muhammadiyah purwokerto. Setelah key note speaker dan  pembicara utama mengemukakan materi, peserta dengan sigap mengacungkan tangan untuk segera bertanya dengan termin yang sudah ditentukan oleh Moderator dilanjutkan penyampaian gagasan peserta pemakalah berjumlah 6 orang yang sudah terseleksi. Peserta pemakalah antara lain adalah Darsih Harjo, dosen Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Pendidikan Bandung yang mengemukakan tentang “Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Bangsa Pada Proses Pembelajaran Geografi”, Sobirin tentang “Relevansi dan Kompetensi Studi Lapang Pelajaran Geografi Pada SMU / Kejuruan” yang berasal dari Departemen Geografi Fakultas MIPA Universitas Indonesia, dan satu-satunya pemakalah dari mahasiswa IKIP Veteran Semarang Jurusan Pendidikan Geografi yaitu Rifki Abu Zamroh menggagas tentang “Pembelajaran Geografi Menggunakan Media Bahan Sederhana yang Inovatif Dalam Membangun Karakter Bangsa”. Ada pula seorang mahasiswa alumnus Universitas Muhammadiyah Surakarta, biasa dipanggil Mas Saputra. Ia mengemukakan tentang Penanggulangan Bencana yang berkaitan dengan Gempa Jogja.
                Olimpiade Geografi SMA – SMP se-Jawa Tengah kali ini memperebutkan piala Rektor dan total hadiah senilai 9 juta rupiah. Pelaksanaan olimpiade dibagi menjadi 3 babak. Babak pertama diikuti oleh seluruh peserta untuk diseleksi menjadi 40 besar yang dilanjutkan ke babak kedua. Babak kedua memperebutkan 10 besar yang nantinya akan mengikuti tahap babak ke 3. Pada babak akhir ini peserta SMA dihadapkan dengan interpretasi foto udara sedangkan peserta SMP pemetaan peta. Setelah mengikuti proses persaingan yang ketat, penilaian dewan juri babak ke 3 membuahkan hasil.


Juara diumumkan di Auditorium Ukhuwah Islamiyah sekaligus penutupan acara. Berikut adalah juara 1 sampai 10 Olimpiade IPS Terpadu (SMP):
Juara
Nama
Asal Sekolah
Skor
1
Asri Abidatilah
SMP Negeri 1 Banjarnegara
205
2
Rahmawati Sirtina Lestari
SMP Negeri 2 Purwokerto
163
3
Farhan Zul Fauzi
SMPN 3 Purworejo
155
4
Fauziah Rahma Istianingrum
SMP Negeri 2 Purwokerto
109
5
Dwi Mega Apriliani
SMP Negeri 8 Purwokerto
108
6
Yuli Nurhayanti
SMP Negeri 2 Sokaraja
106
7
Ica Marisa
SMP Negeri 2 Sokaraja
105
8
Muthia Sekar Pratiwi
SMP Negeri 2 Purwokerto
104
9
Danastri Cantya Nirmala
SMP Negeri 2 Purwokerto
103
10
Fetri Rosdiana
SMP Negeri 1 Banjarnegara
98

Sedangkan juara 1 sampai 10 Olimpiade Kebumian (SMA) sebagai berikut :
Juara
Nama
Asal Sekolah
Skor
1
Aditya Pradana
SMA Muhammadiyah Wonosobo
428
2
Listiana Alifia Nurlaeli
SMA Negeri 1 Banjarnegara
406
3
Arief Usman Hasim
MAN 1 Purbalingga
378
4
Aisyah
MAN 1 Purbalingga
374
5
Shinta Maharani Putri
MAN 1 Purbalingga
350
6
Agreva Tania
MAN 1 Purbalingga
350
7
Nur Laeli Rahmawati
SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja
318
8
Agus Suyanto
SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja
313
9
Syaffa Kusuma. W
MAN 1 Banjarnegara
312
10
Lulu Fikti Anisah
MAN 1 Purbalingga
304

         Perlu diketahui, kegiatan Olimpiade Geografi berskala provinsi Jawa Tengah ini adalah hal yang baru kali pertama dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Semangat membangkitkan ranah keilmuan terus diusung melalui wahana aktualisasi mahasiswa dengan terselenggaranya kegiatan-kegiatan yang membangun, memberdayakan sumber daya manusia sebagai agen of change khususnya di bidang pendidikan serta merangkul aspek masyarakat secara umum.
Harapan ke depan, geografi sebagai salah satu ilmu yang memberikan peran dalam pendidikan bangsa dapat menjadi implementasi rasa nasionalisme bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengutip dari pesan Daoed Joesooef, “Tidak gampang untuk bisa mengatakan apa yang membuat suatu bangsa kokoh dan maju. Namun, mudah sekali untuk mengatakan kapan bangsa ini mulai goyah eksistensinya, yaitu bila generasi yang sedang berkuasa melalaikan pendidikan generasi penerusnya, melalui pelecehan terhadap kinerja pengabdi nomor satu di bidang pendidikan, yaitu guru".

Salam lestari ! Salam Membumi ! Salam Geografi !

(Catur. P/KOMINFO-GEO).
=========================================================================
[Official Social Media]
                                         ---------------------------------------------------------
| Fans Page: HMPS Geografi UMP           |
|Twitter      : @hmpsgeoump                       |
|Facebook  : Hmps PendidikanGeografi    |
|Blog           : geografi-ump.blogspot.com   |
                                         ---------------------------------------------------------

INFO TERKINI

EVEN TAHUNAN "GEOGRAFI MEMBUMI 2014" DILAKSANAKAN PADA MINGGU 18 MEI 2014. DIHARAPKAN UNTUK PENDAFTARAN ON THE SPOT DATANG KE GEDUNG AK. ANSHORI PUKUL 07.00 WIB MAKSIMAL 30 MENIT SEBELUM ACARA DIMULAI !!

Popular Post

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © HMPS Pendidikan Geografi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -